Kiper Cirebon Ini ke Spanyol Bareng Timnas, Cuaca Dingin Bukan Masalah

Kiper Cirebon Ini ke Spanyol Bareng Timnas, Cuaca Dingin Bukan Masalah

CIREBON - Bukan sekedar keberuntungan kalau Pualam Bahari akhirnya berhasil menembus Skuad Timnas Indonesia U-19. Kiper muda asal Bodesari, Plumbon, Kabupaten Cirebon ini sudah melewati perjuangan panjang.

Pualam Bahari kini tengah menjalani pemusatan latihan di Spanyol bersama Timnas U-19. Tim besutan Shin Tae-yong tiba di Negeri Matador, Minggu (27/12) lalu.

Baca juga: Waduh, Polisi Malaysia Sebut Pembuat Video Pelecehan Lagu Indonesia Raya Seorang WNI

Bagi Pualam, ini bukan kali pertama menginjakan kaki di negeri yang melahirkan banyak pesepak bola hebat macam Raul Gonzalez itu. Pada 2016 silam, Pualam pertama kalinya menginjak tanah Spanyol saat membela Akademi Sepak Bola ASAD Purwakarta di ajang Mediteranian International Cup yang diputar di Kota Madrid dan Barcelona.

Setahun kemudian, dia berhasil lolos ke Timnas Indonesia U-16 dan bermain di Piala AFF U-16 di Thailand.

Bakat Puala bermain sepak bola memang sudah terlihat sejak kecil. Subur, sang Ayah, memasukannya ke Sekolah Sepak Bola (SSB) Garuda Tegalwangi. Sejak saat itu, potensi pemain 18 tahun tersebut sebagai seorang penjaga gawang semakin terasah. \"Sejak kecil memang sudah diarahkan menjadi kiper,\" kata Subur.

Baca juga: 1,8 Juta Vaksin Covid-19 Tiba di Bandara Soekarno-Hatta

Sementara itu, di Spanyol, Pualam dan kawan-kawan mulai menikmati pemusatan latihan (TC) yang sedang dijalani. Selain TC, Skuad Garuda Nusantara akan menjalani sejumlah laga uji coba.

Latihan timnas U-19 untuk sementara dipimpin oleh asisten pelatih, Nova Arianto. Hal ini karena pelatih Shin Tae-yong masih memimpin timnas Indonesia persiapan SEA Games 2021 di Jakarta.

\"Kami dalam kondisi baik semua disini dan terus bersemangat. Memang butuh upaya lebih untuk beradaptasi dengan cuaca dingin. Tapi itu bukan masalah,\" kata Nova dilansir situs resmi PSSI. (ttr)

https://www.youtube.com/watch?v=kAIvKKcz5HM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: